Translate

Selasa, 30 Oktober 2012

Memaknai Sukses


Ada sebagian orang memaknai sukses jika mereka mampu mencapai apa yang mereka idamkan. Sering kita lihat selebarasi berlebihan ketika seseorang mencapai level yang diimpikan. Tentu saja wajar untuk bersuka cita, karena energi dan komitmen sudah diinvestasikan untuk mampu mencapai level atau capaian yang lebih tinggi tersebut.

Sukses sebenarnya bukan terletak pada kemampuan seseorang mencapai level yang lebih sesuai dengan yang diimpikan, tetapi sukses merupakan bagaimana seseorang memandang capaian baru tersebut. Seorang yang sukses apabila ia mampu menentukan apa yang harus dilakukan setelah capaian baru tersebut diperoleh. Sesorang yang sukses harus tahu kemana harus melangkah untuk target yang lebih besar dan lebih tinggi.  Bersyukur terhadap suatu capaian baru yang didamkan memang merupakan sautu keharusan, tetapi akan menjadi sangat naïf jika tidak tahu kemana akan pergi setelah mencapai level yang diimpikan tersebut. Seorang yang sukses adalah orang yang tahu persis bagaimana membuat orang lain juga merasa sukses terhadap keberhasilan dirinya. Seorang yang sukses adalah orang tahu persis bagaimana menjaga dan mengembangkan level of achievement tersebut. Seorang yang sukses adalah orang yang tahu persis bahwa tidak ada orang lain yang disakiti ketika ia mencapai level impiannya.
Jadi sukses bukan persoalan menjadi lebih baik semata, tetapi menyangkut bagaimana kondisi yang lebih baik tersebut diperoleh dan dilakukan dengan cara-cara yang manusiawi, dan bagaimana menjaga serta membawa keberhasilan itu  ke arah yang lebih baik lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar