Translate

Rabu, 08 Mei 2013

Ciri (lain) Pecundang : Fokus pada kekurangan orang lain

Seseorang hampir pasti akan jadi pecundang jika selalu fokus pada hal-hal yang negatif yang terjadi di sekitarnya. Ia akan tega membiarkan dirinya larut dalam kekurangan orang lain tentunya, dan lupa pada kekurangan diri sendiri. Seorang pecundang akan menggunakan kaca mata negatif dan menolak kelebihan yang dimiliki orang lain. Seorang pecundang akan menutup hatinya untuk melihat kelebihan dan kebaikan orang lain.
Sungguh malang nasib seseorang yang hanya mampu melihat sesuatu selalu dari sisi kekurangan dan tak mampu berpaling untuk melihat sisi positif dari apa yang terjadi di sekitarnya.  Sungguh tersiksa bagi seseorang yang tidak mampu melihat sisi positif dari apa yang terjadi di sekitarnya. Hampir dipastikan, seseorang yang senantiasa melihat sesuatu dari sisi negatif dan kekurangan orang lain, tetapi gagal melihat kekurangan diri sendiri akan selalu gelisah, bawaannya negatif, ekspresinya negatif, susah tersenyum, tidak mampu menghibur diri apa lagi orang lain, dan selalu kelihatan kusut.  Akibatnya pasti dijauhi orang dan dihindari banyak orang. Kedatangannya hanya membuat orang lain merasa tidak nyaman, membuat orang merasa terintimidasi, dan membuat orang cenderung untuk menghindarinya. Senantiasa berfikiran negatif hanya akan membuat seseorang menjadi soliter, dijauhi orang lain, yang paada akhirnya mengurangi silaturrahim, tentunya mengurangi rejeki.
Berfirkir dari sisi negatif atau melihat kekurangan orang lain boleh saja, sepanjang berimbang mengakui kelebihan dan kebaikan orang lain yang ada di sekitar kita, Tidak ada gunanya mengeksploitasi kekurangan yang ada di sekitar kita hanya untuk memuaskan ego sendiri, karena hal itu justru akan merendahkan diri sendiri.  Jadikan kekurangan orang  dan apa yang ada di sekitar kita untuk menambah kelebihan kita atau memmperbaiki kekurangan kita. Jadikan kekurangan orang untuk peningkatan kemampuan kita berempati kepada orang-orang yang ada di sekitar kita. You are how you think !.

2 komentar:

  1. q seperti merasa tertampar. astaghfirullahal'adzim. ampuni hamba ya Allah jika hamba selalu berpikiran negatif

    BalasHapus
  2. Boleh percaya sama delong?

    BalasHapus