Translate

Minggu, 19 Mei 2013

5 (lima) Alasan Untuk Menjadi Seorang Entrepreneur


Menjadi seorang wirausahawan (job creator) memang tidak mudah, tetapi sering keadaan yang membuat seseorang harus menjadi seorang wirausahawan, termasuk para lulusan perguruan tinggi. Ada beberapa alasan yang mendorong orang untuk harus menjadi seorang wirausahawan.  Alasan pertama adalah terbatasnya lapangan atau lowongan kerja. Semua orang tahu kalau pemberi kerja lebih suka member kesempatan kepada orang-orang yang sudah memiliki pengalaman, minimal satu tahun dalam bidangnya. Seorang fresh graduate dari perguruan tinggi tentu saja sudah tidak dapat mengikuti seleksi, kecuali selama kuliah yang bersangkutan sudah pernah mengikuti kegiatan magang. Disamping itu juga, biasanya pengisian lapangan kerja di sektor swasta lebih banyak sudah terisi lewat rekomendasi pribadi seorang professional yang mampu memberi jaminan tentang kemampuan seseorang.  Kadang juga lowongan sudah tersisi lewat hubungan personal dan sosial lainnya, yang didasarkan pada kepercayaan yang berlandaskan profesionalisme. Lowongan di instansi pemerintah, selain memang terbatas jumlahnya, sering tidak dilakukan atas dasar kompentensi pencari kerja. 

Alasan ke-dua adalah menjadi wirausahawan merupakan kesempatan untuk mengerjakan sesuatu yang benar-benar menjadi minat dan didasarkan pada kemampuan yang dimiliki dan dapat membuka lapangan kerja bagi orang lain, sehingga mempunyai kesempatan untuk selalu berada dalam posisi memberi dan mampu menjadi bos atau pimpinan di perusahaan sendiri. Seorang wirausahawan dari awal usahanya sampai berkembang dan selalu berada dalam posisi memberi terhadap orang lain. Hal ini tentu saja  kurang dapat diperoleh oleh seseorang yang bekerja pada orang lain.  Seseorang yang melakukan sesuatu sesuai dengan minatnya pasti akan lebih mencintai pekerjaannya, pasti akan lebih toleran terhadap jatuh bangunnya dalam mengembangkan usaha, pasti akan lebih mampu mengantisipasi segala hambatan yang mungkin muncul.  Seseorang yang melakukan pekerjaan dengan segala perhatian dan dedikasi serta visi yang dimiliki pasti akan lebih berani ber-eksperimen untuk memajukan usaha yang dikembangkan. Ia pasti akan lebih bertanggungjawab terhadap segala resiko yang muncul dalam menjalankan usaha.  Menjadi pimpinan bagi perusahaan sendiri memiliki beberapa keuntungan, termasuk keleluasaan mengatur liburan dan mengatur waktu. Hal ini pasti tidak dimiliki oleh seseorang yang bekerja untuk orang lain. Seseorang yang melakukan sesuatu sesuai dengan minatnya pasti akan lebih menikmati pekerjaannya.
Alasan ke-tiga untuk menjadi seorang wirausahawan adalah mampu merancang dan mempersiapkan pensiun dengan baik, sehingga di hari tua masih dapat menikmati kesehariannya dengan nyaman.  Hal ini tentu membutuhkan komitmen pada diri sendiri untuk mempersiapkan pensiun sesuia dengan diinginkan.
Alasan ke-empat bagi seeseorang untuk menjadi seorang wirausahawan adalah mampu membantu pemerintah dalam upaya mengurangi kesenjangan ekonomi yang terjadi di negaranya.  Pertumbuhan ekonomi suatu negara, termasuk Indonesia, tidak selalu secara merata dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat, tetapi lebih cenderung dinikmati oleh masyarakat kelas atas.  Keberadaan seorang wirausahawan justru menjembati kesenjangan tersebut dengan meningkatkan jumlah masyarakat kelas menengah. Keberadaan wirausahawan akan mampu meningkatkan kegiatan industri yang berbasiskan pada peningkatan nilai tambah produk. Jika industri pengolahan produk berkembang, maka tidak hanya masyarakat yang dapat menikmati nilai tambah produk tersebut, tetapi lebih jauh lagi akan mampu meningkatkan daya tahan dan daya saing bangsa dalam pergaulan internasional.  Kergantungan akan impor terhadap suatu produk bahkan dapat dikurangi.
Alasan ke-lima, alasan yang sangat mulia dan tidak kalah pentingnya adalah meneladani apa yang dilakukan oleh baginda rasulullah, Muhammad, SAW. Beliau telah mencontohkan bagaimana menjadi seorang wirausahawan sukses. Banyak riwayat yang menjelaskan bagaimana kesuksesan belia dalam berniaga.
Memang tidak gampang untuk menjadi seorang wirausahawan. Perlu nyali dan tekad yang kuat.  Selalu berfikir positif adalah salah satu kuncinya. You are what you think !.  Always look at the bright side !. Jika anda berfikir anda akan gagal, maka anda akan gagal. Sebaliknya, jika anda berfikir akan sukses, maka anda akan sukses. Kekuatan pikiran luar biasa. Pikiran akan mendorong kimia tubuh untuk mencapai apa yang dipikirkan seseorang.  Kekuatan pikiran akan menentukan ekspresi dan tindakan seseorang.  Apa yang anda pikirkan, maka itulah yang akan anda lakukan dan itulah yang anda dapatkan.  Jatuh bangun pasti merupakan bagian dari perjalanan menuju sukses. Kata pelatih Arsenal, “ saya tidak peduli seberapa sering pemain saya jatuh. Yang penting bagi saya adalah seberapa cepat pemain saya bangkit lagi “. Jadilah seorang wirausahawan  sukses, karena anda akan jauh lebih nyaman di umur produktif dan di hari tua. Anda akan mendapatkan amal jariah yang luar biasa, karena dapat menghidupkan keluarga dari para pekerja-pekerja yang kita miliki. Untuk sukses perlu ketekunan dan kesabaran, lakukan dengan benar sesuai aturan negara dan agama, dan tentunya tidak lupa membayar zakat penghasilan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar