Translate

Jumat, 26 Oktober 2012

Ingin Sehat? : Penuhi Hak Tubuh, Otak dan Jiwa


Weekend memang harus digunakan untuk lebih mengoptimalkan hak-hak tubuh, otak dan jiwa untuk mendapatkan istirahat dan relaksasi. Meskipun setiap hari kerja kita dapat memperhatikan dan memenuhi hak-hak tubuh, otak dan jiwa, tetapi pada saat liburan kita dapat memberikannya dalam porsi yang lebih banyak.  Selama hari-hari kerja, tubuh bekerja secara fisik untuk menuntaskan pekerjaan, pikiran dikuras untuk menjawab semua tuntutan implementasi suatu tanggungjawab dan kepercayaan. Selama hari-hari kerja seseorang dapat saja menjalankan pola makan tidak optimal, pola tidur kurang teratur, dan mengkooptasi otak dan pikiran untuk pekerjaan.  Selama hari-hari kerja kita tetap dituntut agar memenuhi hak-hak tubuh, otak dan jiwa secara maksimal supaya kesehatan tetap terjaga dan produktifitas professional tetap terjamin.
Selama akhir pekan atau liburan, lupakan soal pekerjaan dengan sepenuh hati agar tubuh, jiwa dan otak mendapatkan asupan yang berbeda dari biasanya.  Manfaatkan masa liburan ini dengan kegiatan yang berbeda dengan rutinitas kerja kita, olah raga, relaksasi, makan dan istirahat yang benar. Bagi yang suka bersepeda, lakukan  sepeda dengan porsi yang menyenangkan. Bagi yang suka membaca, cari bacaan yang ringan dan bermanfaat. Bagi yang selama hari kerja kurang cukup waktu atau terlalu letih untuk baca al-qur’an, gunakan waktu ini untuk membacanya lebih banyak. Selama hari libur atau akhir pekan, manfaatkan waktu ini ini untuk kegiatan sosial yang tidak menyita energi dan pikiran.  

Jika kita menjalankan akhir pekan dan libur dengan bijak, tidak hanya membuat tubuh dan jiwa kita semakin sehat, tetapi juga mampu membuat kita memulai hari Senin dengan lebih baik, memulai pekerjaan dengan optimis dan bersemangat. Kesehatan tubuh, otak, dan pikiran kita adalah tanggungjawab pribadi kita masing.  Membuat ketiganya lebih sehat merupakan pilihan yang harus kita buat, bukan tanggungjawab orang lain  Percayalah, semakin sehat kita, akan semakin bermanfaat kita untuk orang lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar