Translate

Sabtu, 13 Oktober 2012

Kenakan sesuatu yang berbeda : Teknik lain menyiasati ‘slow start’


Seperti dalam tulisan sebelumnya, ‘slow start’ dalam bekerja di pagi hari, apa lagi senin pagi, dapat saja terjadi pada semua orang di berbagai profesi. Mengganti wall paper komputer mungkin hanya dapat dilakukan oleh orang yang langsung berhubungan dengan komputer. Tetapi bagi orang yang tidak harus memulai harinya dengan komputer banyak siasat lain yang dapat dilakukan. Memiliki mood yang bagus untuk dapat bekerja dengan baik adalah tanggungjawab pribadi kita. Secara profesional kita sendiri yang menjaganya. 
Memakai sesuatu yang agak berbeda dari minggu atau hari sebelumnya dapat memperbaiki mood kita dalam memulai kerja.  Pastikan perubahan yang dilakukan tidak terlalu mencolok, karena kita akan repot merespon pandangan atau komentar orang lain terhadap ketidakbiasaan kita.  Cukup kita yang tahu apa yang berbeda dengan dengan diri kita pada hari itu. Ketidakrutinan secara diam-diam yang kita lakukan akan menimbulkan efek optimisme yang positif terhadap diri kita dalam memulai keseharian kita.  Ada beberapa hal yang dapat diganti pada diri kita dari sisi apa yang kita kenakan. Dapat saja jam berupa jam tangan yang sudah beberapa minggu tidak dipakai.  Atau kita dapat menggunakan tas kerja yang berbeda, kaus dalam yang baru, kaus kaki yang lebih ketat, dasi lain, parfum lain, pin lain, sepatu yang berbeda, kaca mata yang berbeda, topi yang berbeda, mouse komputer atau pointer yang berbeda, dan bahkan gelas kopi pagi hari yang tidak sama dengan dari hari-hari sebelumnya. Masih banyak yang lain lagi yang dapat digunakan untuk memulai hari produktif dengan memanfaatkan apa yang kita miliki.
Menggenakan sesuatu yang berbeda tidak berarti kita harus memiliki koleksi barang yang banyak, tetapi cukup dengan menggunakan satu hal yang berbeda setiap hari, pasti kita akan punya sensasi baru dalam diri kita untuk mengisi hari-hari kita dengan produktif. (zie)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar