Translate

Senin, 07 Mei 2012

Ciri Pecundang : Suka Cari Kambing Hitam

Semua orang yang normal pasti ingin berubah, berubah ke arah yang lebih baik. Tidak semua rencana dapat berjalan mulus, karena kemampuan kita dalam menjalankan rencana tidak cuma tergantung dari keinginan kita sendiri.  Kegagalan merupakan bagian yang kadang harus kita lewati untuk sampai pada apa yang disebut dengan keberhasilan. Jatuh bangun, kalau bisa lebih banyak bangunnya, pasti terjadi dalam dinamika keseharian kita. Berfikirlah positif atas ketidakajegan yang kita temui. Evaluasi saja setiap ketidakmajuan yang kita alami, pasti ada akar penyebabnya.
Fokus pada diri sendiri dulu, bersabar menerima situasi yang tidak diinginkan. Lihat orang lain yang lebih tidak beruntung dari kita. Coba lakukan lagi apa yang harus dilakukan, tentunya dengan perbaikan. Coba dari dimensi lain, tanya pada orang yang lebih dulu melewati persoalan atau hambatan yang sedang kita alami.  Kegagalan beruntun justru sering datang dari sikap kita yang kurang dapat menerima kalau kita adalah satu-satunya orang yang paling bertanggungjawab atas ketidakberhasilan kita.  Kegagalan beruntun juga justru sering terjadi kalau kita sering mencari kambing hitam atas kegagalan kita.  Mau sukses? Lakukan dan usahakan sendiri dengan penuh tanggungjawab.

4 komentar:

  1. setuju, harus berpikiran positif dan jangan menyalahkan orang lain atas apa yang terjadi..

    BalasHapus
  2. nah ini baru postingan mantab sobat

    BalasHapus
  3. makasih mas Budi, sy juga concern ttg pertanian, spt komitmen anda membangun pertanian... thanks atas kunjungan n komentarnya... :-)

    BalasHapus
  4. Mbak Susan, iya nih.. kita semua belajar utk selalu berpoisitif thinking, makasih komentar nya... i enjoy reading your blog ...

    BalasHapus