Translate

Minggu, 28 April 2013

If You Love This Planet, Do Something !


Tanggal 22 April yang lalu banyak pihak, mulai dari pemerintah, organisasi kemasyarakatan, mahasiswa, dan perusahaan yang memperingati hari bumi. Apapun aktivitas dan tema yang digunakan, semuanya berusaha untuk menggugah manusia, penghuni planet bumi ini, untuk lebih mencintai bumi ini. Luar biasa !. Kita tidak boleh berprasangka kalau kegiatan tersebut dapat saja merupakan rutinitas, formalitas atau bagian dari branding para penyelenggara. Yang penting adalah adanya upa penyadaran kepada manusia bahwa planet bumi ini memang harus dicintai, harus mampu memberikan kenyamanan bagi penghuninya. Tentu saja keamanan yang tidak hanya dari sisi ekologis, tetapi juga kenyamanan dari sisi ekonomis, sosiologis, dan ideologis.

Keberlanjutan planet bumi memang harus dipertahankan, karena planet ini sangat rapuh jika dilihat dari keberadaannya dalam sistem galaksi jagad raya. Sedikit saja ada benturan sesama planet yang bergerak dalam lintasan masing-masing, maka bumi ini akan hancur luluh lantak berderai menjadi serpihan debu di jagad raya. Ironisnya, manusia penghuni planet ini sampai saat ini masih saling bertikai, saling membunuh dan menyisihkan untuk memanfaatkan sumber-sumber daya alam yang tersedia di planet bumi ini, baik sumber daya minyak, mineral, tumbuhan, dan hewan dan berbagai sumberdaya alam lainnya.  Lebih menyedihkan masih saja terjadi banyak pihak yang secara tega mengeksploitasi sumberdaya alam untuk kepentingan ekonomi sesaat.   Masih banyak bangsa yang menyimpan kekuatan nuklir mereka yang mampu menghancurkann planet bumi ratusan kali.  Sungguh sangat naïf!.  Sungguh lebih sangat naïf lagi, karena saat ini masih banyak manusia penghuni planet ini terus menerus gontok-gontokan, saling menyalahkan, saling mendominasi satu sama lain, padahal mereka hanya akan hidup selama kurang dari seratus tahun, periode yang sangat singkat jika dibandingkan dengan rentang waktu yang diperlukan untuk proses penciptaan dan evolusi alam semesta ini. Semestinya dengan waktu hidup yang sangat singkat ini, manusia harus saling mengasihi, saling menolong, saling memperhatikan untuk kebaikan bersama, untuk kebahagiaan dunia secara bersama-sama. 
Selebrasi, seremoni, aksi dan ekspresi banyak pihak dalam memperingati hari bumi patut dihargai, karena hal tersebut akan semakin menyadarkan pentingnya tindakan konkrit dalam memperlambat laju kehancuran planet bumi ini.  Pemahaman dan kesadaran yang baik tentang perlunya menjaga kelestarian planet ini sangat diperlukan. Kedua hal ini akan sangat bermanfaat jika diikuti dengan kemampuan untuk menyampaikan  pesan bumi kepada manusia-manusia lainnya. Dan yang jauh lebih penting adalah adalan tindakan yang nyata dalam menjaga kelesatrian planet bumi ini agar nyaman untuk dihuni.  Setiap orang harus terus berkontribusi. Jika tidak dapat melakukannya dari level kesadaran hingga tindakan, lakukanlah sebatas apa yang dapat dilakukan. Kelestarian planet bumi merupakan tanggungjawab setiap insan yang ada di permukaaan bumi ini.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar