Translate

Jumat, 08 Februari 2013

Yang baru dari SNMPTN 2013

Penerimaan mahasiswa baru di PTN tahun 2013, seperti yang dilansir http://www.snmptn.ac.id  menjelaskan beberapa hal yang baru berkaitan dengan penerimaan mahasiswa baru di PTN. Pelaksanaannya melalui SNMPTN yang akan dilaksanakan tanpa ujian tulis, tetapi hanya dengan menggunakan nilai rapor siswa dan prestasi akademik lainnya.  Biaya pendaftaran ditanggung oleh pemerintah alias gratis.  Kepala Sekolah harus mendaftarkan seluruh siswanya ke Pangkalan Data Sekolah Siswa (PDSS) berupa nilai rapor dan prestasi akademik lainnya seluruh siswa kelas 10, 11, dan 12 yang ada di sekolahnya.  Khusus untuk kelas 12 yang akan melanjutkan kuliah di PTN yang ada di Indonesia, Kepala Sekolah akan mendapatkan password masing-masing siswa dari PDSS. Jika siswanya memutuskan untuk kuliah di PTN, maka siswa dengan menggunakan NISNnya dan password yang diberikan tadi dapat memilih PTN dan program studi yang diminati. 

Yang menarik adalah dalam pilihan PTNnya. Setiap siswa dapat memilih maksimal dua PTN, dan dua program studi pada masing-masing PTN pilihan. Jika calon pendaftar hanya memilih satu PTN, maka siswa tersebut dapat meilih PTN mana saja yang diminatinya. Tetapi jika seorang siswa memilih dua PTN, maka salah satu PTN yang dipilih harus merupakan PTN yang berada dalam provinsi asal sekolahnya. Jika belum ada PTN peserta SNMPTN di provinsinya, maka siswa tersebut harus memilih PTN yang ada di provinsi tetangganya.

Hal yang baru lainnya adalah munculnya kewajiban mengisi portofolio untuk mereka yang ingin kuliah di program sudi bidang ilmu keolahragaan dan program studi ilmu seni. Jadi, tidak ada lagi ujian keterampilan untuk masuk ke kedua kelompok program studi tersebut.  

Informasi lengkap tentang pelaksanaan SNMPTN tahun 2013 dapat dilihat secara lengkap di laman di atas, atau dengan mengunjungi laman PTN yang ada di Indonesia. Selamat dan sukses bagi yang ingin memulai kuliah pada tahun 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar