Translate

Minggu, 17 Februari 2013

Kualitas Pemimpin Mencerminkan Kualitas Masyarakatnya

Sering dalam proses pemilihan pemimpin, baik sebagai kepala daerah, wakil rakyat, pimpinan perguruan tinggi, pimpinan fakultas, ketua RT, atau apapun jabatan lainnya yang pemimpinnya dipilih melalui pemilihan yang melibatkan masyarakatnya dan dilakukan melalui pemberian suara. Sebagai pemilih, masyarakat harus cerdas dan bertanggungjawab. Sering juga kita menderngar para pemberi suara mengharapkan dan bahkan menuntut munculnya sosok pimpinan yang amanah, kredibel, mumpuni dan tidak koruptif. Namun di sisi lain, lebih sering lagi kita mendengar bagaimana pemilih tidak menggunakan hak pilihnya dengan benar.  Sering juga kita mendengar bahwa pemilih memberikan suaranya hanya semata-mata alasan yang sangat subjektif, seperti alasan keluarga, alasan pertemanan, atau bahkan alasan ekonomis dan alasan-alasan primordial lainnya.  
Pemilih harus cerdas dan bertanggungjawab. Pemberian suara (hak pilih) yang lebih mengedepankan alasan-alasan subjektif hanya akan menekan kemungkinan munculnya pemimpin yang amanah, kredibel, mumpuni dan tidak koruptif.  Dengan kata lain, kekeliruan dalam memberikan suara hanya akan menambah persoalan-persoalan baru di masa mendatang. Menggadaikan integritas dan objektivitas dalam pemberian suara dengan alasan-alasan subjektif sama saja dengan menggadaikan kemajuan di masa mendatang.

Jika anda adalah seorang yang punya hak untuk memberikan suara, gunakan hak suara tersebut dengan benar, bertanggungjawab dan penuh integritas. Hindari prilaku munafik dengan mengharapkan sosok pimpinan yang  amanah, kredibel, mumpuni dan tidak koruptif, tetapi dalam meberikan suara tidak bersikap objektif, tidak bertanggungjawab dan tidak memegang integritas.  Pemimpin yang amanah, kredibel, mumpuni dan tidak koruptif hanya berpeluang untuk muncul, jika pemilihnya cerdas, tidak mengedepankan primordialisme, dan mampu menentukan pilihan dengan tanggungjawab, integritas dan objektivitas yang tinggi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar