Translate

Minggu, 06 Januari 2013

Tips untuk sukses dalam bertanya


Ungkapan "malu bertanya sesat di jalan" mendorong orang untuk selalu mencari jawaban akan sesuatu yang menjadi kebimbangan dan keraguannya. Sekarang banyak orang cenderung mendapatkan jawaban dari banyak hal yang ingin diketahui dengan mencarinya melalui mesin pencari di internet. Apa yang diperoleh di internet tidaklah selalu benar, karena informasi tersebut belum tentu juga ditulis oleh orang yang memiliki autoritas yang tinggi untuk memberikan jawaban. Lebih lanjut, apa yang ditulis sesorang dapat juga tidak sesuai dengan kondisi sosial budaya dari pertanyaan kita. Mencari jawaban untuk berbagai kebutuhan sehari-hari kadang-kadang tidak dapat diperoleh di internet, apalagi kalu berkaitan dengan persepsi seseorang.  Persepsi seseorang terhadap sesuatu sangat perlu kita ketahui untuk menntukan langkah dan tindakan kita terhadap berbagai persoalan yang situasional. Dengan demikian, bertanya secara klasik dan konvensional kepada seseorang secara langsung tetap menjadi andalan semua orang untuk tetap sukses dalam pekerjaan dan kehidupan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar pertanyaan yang kita sampaikan kepada seseorang dapat memberikan jawaban yang benar. Bertanya itu tidak semata-mata mengeluarkan suara dengan ekspresi ingin tahu.  Karena pertanyaan yang baik dan benar berpeluang untuk mendapatkan jawaban yang baik dan yang benar, maka susun dan sampaikanlah pertanyaan anda dengan ungkapan yang jelas dan dapat dipahami. Sampaikan dengan jelas dan kecepatan yang dapat diikuti oleh tempat kita bertanya. 

Selanjutnya, jawaban yang benar juga akan diperoleh apabila pertanyaan juga disampaikan pada orang dan forum yang tepat. Menanyakan sesuatu pada orang yang dan forum yang tidak tepat, tidak hanya akan menghabiskan energi dan cenderung spekulatif, tetapi juga akan berpeluang mengaburkan apa yang sudah kita ketahui. Bahkan karena ketidakaktahuan seseorang atau ketidaktepatan forum yang ditanyai, berpeluang menimbulkan hal-hal lain yang spekulatif dan cenderung ke fitnah. 

Hal lain yang juga menentukan untuk diperolehnya jawaban yang baik dan benar adalah waktu menyampaikan pertanyaan.  Seseorang akan memberikan jawaban yang baik dan benar jika orang tersebut berada dalam situasi yang nyaman untuk memberikan jawaban.  Waktu bertanya yang kurang tepat, tidak hanya akan membuat kita memperoleh jawaban seadanya, tetapi juga dapat juga membuat orang yang ditanya merasa tidak nyaman dan merasa tidak dihargai. Jika hal yang terakhir ini terjadi, maka kita akan kehilangan salah satu tempat bertanya pada saat kita membutuhkan jawaban terhadap sesuatu yang menjadi keingintahuan kita.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar