Translate

Kamis, 08 Maret 2012

The Power of "Thank you"

Ungkapan 'terima kasih' memang punya 'kekuatan', baik bagi yang mengucapkan maupun yang menerimanya. Yang mengucapkan 'terima kasih' akan terlepas dari beban budi yang dirasakan, sedangkan yang menerima ucapan tersebut akan mendapatkan perasaan dihargai.  Masih banyak perasaan lain lagi yang dapat dirasakan ketika mengucapkan 'terima kasih' ataupun mendengar ucapan terebut. Tulisan terima kasih dalam bentuk 'thank you note' punya pengaruh yang mendalam bagi penerimanya. Perasaan tersebut tentu saja akan muncul jika kata 'terima kasih' diungkapkan secara tulus dari lubuk hati yang sesungguhnya. Ungkapan terima kasih yang cenderung superficial tidak akan mempunyai pengaruh mendalam, kecuali sebagai bumbu pergaulan yang segera menghilang saat tidak berkomunikasi lagi secara langsung.   

Menariknya tidak semua orang pandai menyampaikan ungkapan terima kasih.  Ada yang hanya mampu  mengekspresikannya dengan bersikap sopan, baik dan memberi perhatian.  Tetapi yang lebih parah lagi ada orang yang memang tidak pandai berterima kasih. Ini yang parah dan bikin sebel... :-). Orang yang demikian cuma menganggap bahwa dirinya sangat pantas untuk mendapatkan bantuan, sehingga tidak merasa harus menyampaikan ucapan 'terima kasih'.  Mungkin mengucapkan 'terima kasih' juga bagian dari budaya dari masyarakat tertentu. Jika asumsi ini benar, maka dapat saja seseorang tidak merasa harus menyampaikan ucapan 'terima kasih'.  Dan tentunya tidak harus mengharapkan orang lain mengucapkan 'terima kasih' atas jasa dan bantuan kecil yang dilakukan.

Apapun alasannya, mengucapkan 'terima kasih' terhadap hal-hal yang kecil yang kita rasakan dari tindakan orang lain merupakan hal yang positif.  Jika kita termasuk orang yang kurang pandai mengucapkan 'terima kasih', kita dapat belajar menggunakannya lebih sering. Anda akan merasakan banyak sekali manfaatnya.  Jika kata orang kita termasuk orang yang tidak pandai berterimakasih, sebaiknya kita sadar bahwa tidak ada seorangpun yang dapat hidup seorang diri tanpa bantuan orang lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar