Translate

Rabu, 21 Desember 2011

Pulau Garam Indonesia

zie, 2011
Tinggal kenangan! Indonesia ternyata memang dikenal sebagai penghasil garam, mungkin dulu pengekspor.  Buktinya di kawasan Jarwal, Mekkah ada toko yang bernama Pulau Garam Indonesia. Kebetulan foto diambil saat toko ini tutup, sehingga sangan cocok dengan realita bahwa saat ini Indonesia adalah salah satu negara pengimpor garam.  Mudah-mudahan pemiliknya tidak tahu fakta ini. Kalau tahu, jangan-jangan si pemilik akan ubah nama toko tersebut.


Kita semua sedih memang. Negara kita adalah pengimpor garam dan pengimpor ikan, Padahal kita adalah negara kepulauan terbesar di dunia, yang kaya dengan sumberdaya garam dan sumberdaya ikan. Seperti yang pernah ditulis dalam posting yang lain, jangan-jangan garam dan ikan yang kita impor tersebut justru berasal dari perairan Indonesia.   

Mudah-mudahan ada kebijakan pemberdayaan masyarakat dan industri dalam hal produksi garam dan penangkapan ikan segera. Indonesia justru harus menjadi eksportir garam dan ikan.


1 komentar:

  1. Desejo toda felicidades e alegria nesse novo ano.
    que seus sonhos possa se realizar e aquilo que almejas possas encontrar. Que Deus na forma de jesus encha seus lares trazendo paz.

    BalasHapus