Translate

Senin, 11 Juli 2011

Komunikasikan masalahmu !

Sering orang mengalami hambatan dalam mencapai tujuan hanya karena gagal menyampaikan apa yang sebenarnya yang diinginkannya.  Banyak persoalan kecil yang semakin menumpuk menjadi persoalan yang lebih besar hanya karena kita tidak mengkomunikasikannya dengan pihak lain. Persoalan atau hambatan yang kita anggap sangat berat, bisa jadi merupakan hal yang sangat kecil bagi orang lain. 

Tentu saja kita tidak menyampaikan persoalan kita ke semua orang. Kita sangat tahu bahawa ada pihak atau orang yang memang pantas untuk mmenegtahui hambatan kita.  Tentu saja kita harus menyampaikan persoalan atau hambatan kita dengan menunjukkan bahwa kita sudah melakukan yang terbaik, kita sudah melakukan berbagai upaya agar hambatan atau persoalan kita dapat selesai.  Maksudnya, jangan minta tolong kepada orang lain sebelum kita sendiri berusaha untuk menolong diri sendiri. 
Menyampaikan permasalahan kita ke orang lain untuk menita pendapat dan saran memang tidak senantiasa langsung membuat  persoalan kita diselesaikan oleh orang lain tersebut.  Bahkan dalam banyak hal, seringkali kita senddiri yang menyelesaikan permasalahan atau hambatan kita sestelah ngobrol atau curhat dengan orang lain.  Kawan ngobrol atau curhat tadi mungkin hanya menjadi good listener pada saat kita menyampaikan permalahan kita. Tetapi setelah kita menyampaikan permasalahan kita kepada orang lain, justru kita sendirilah yang menemukan jalan keluar dari persoalan kita.  Obrolan tadi hanyya sebuah titik masuk bagi kita untuk menyelesaikan persoalan kita. Lebih tinggi lagi, obrolan tersebut hanya menjadi inspirasi kita dalam menyelesaikan persoalan kita.  Jadi, kalau ada masalah, jangan dimakan sendiri. Jangan sampai kita bertindak dari asumsi kita sendiri. Orang lain tidak akan tahu kalau kita punya masalah kalau kita sendiri tidak menyampaikannya.  Kita tentu saja tidak boleh menyalahkan orang lain karena mereka tidak membantu, padahal kita sendiri tidak menyampaikan permasalahan kita kepada orang lain.

1 komentar:

  1. hello back ;)

    check here http://www.facebook.com/pages/GROUP-Blogger-Fanpage-Forever-BFF-Bloglist-for-Blogwalking/135982096476493?sk=app_14167664298

    BalasHapus