Translate

Selasa, 30 Oktober 2012

Memaknai Sukses


Ada sebagian orang memaknai sukses jika mereka mampu mencapai apa yang mereka idamkan. Sering kita lihat selebarasi berlebihan ketika seseorang mencapai level yang diimpikan. Tentu saja wajar untuk bersuka cita, karena energi dan komitmen sudah diinvestasikan untuk mampu mencapai level atau capaian yang lebih tinggi tersebut.

Jumat, 26 Oktober 2012

Ingin Sehat? : Penuhi Hak Tubuh, Otak dan Jiwa


Weekend memang harus digunakan untuk lebih mengoptimalkan hak-hak tubuh, otak dan jiwa untuk mendapatkan istirahat dan relaksasi. Meskipun setiap hari kerja kita dapat memperhatikan dan memenuhi hak-hak tubuh, otak dan jiwa, tetapi pada saat liburan kita dapat memberikannya dalam porsi yang lebih banyak.  Selama hari-hari kerja, tubuh bekerja secara fisik untuk menuntaskan pekerjaan, pikiran dikuras untuk menjawab semua tuntutan implementasi suatu tanggungjawab dan kepercayaan. Selama hari-hari kerja seseorang dapat saja menjalankan pola makan tidak optimal, pola tidur kurang teratur, dan mengkooptasi otak dan pikiran untuk pekerjaan.  Selama hari-hari kerja kita tetap dituntut agar memenuhi hak-hak tubuh, otak dan jiwa secara maksimal supaya kesehatan tetap terjaga dan produktifitas professional tetap terjamin.

Jumat, 19 Oktober 2012

Tawuran dan Anarkisme : Kegagalan Pembelajaran


Tawuran, brutalisme dan anarkisme yang kerap dilakukan lagi oleh pelajar dan mahasiswa akhir-akhir ini sebenarnya mencerminkan kegagalan pembelajaran yang dilakukan sekolah dan kampus. Tidak sedikit korban kawuran, brutalisme dan anarkisme tersebut jika dihitung secara ekonomis, apalagi kalau dihitung secara sosisal.  VIsi Indonesia 2045 terancam gagal tercapai, karena Indonesia akan kekurangan orang-orang yang mampu berkompetisi secara global pada saat itu, karena mereka pada saat ini sibuk tawuran, sibutk berbuat brutal dan anarkis yang mendegradasi kemampuan berfikir kritis dan rasa ke-Indonesia-an.

Sabtu, 13 Oktober 2012

Kenakan sesuatu yang berbeda : Teknik lain menyiasati ‘slow start’


Seperti dalam tulisan sebelumnya, ‘slow start’ dalam bekerja di pagi hari, apa lagi senin pagi, dapat saja terjadi pada semua orang di berbagai profesi. Mengganti wall paper komputer mungkin hanya dapat dilakukan oleh orang yang langsung berhubungan dengan komputer. Tetapi bagi orang yang tidak harus memulai harinya dengan komputer banyak siasat lain yang dapat dilakukan. Memiliki mood yang bagus untuk dapat bekerja dengan baik adalah tanggungjawab pribadi kita. Secara profesional kita sendiri yang menjaganya.