Translate

Rabu, 29 Februari 2012

Koruptor : Preman yang sesungguhnya

Siapa preman yang sesungguhnya?? Apakah yang ada di jalanan, yang ada di terminal, atau yang ada di tempat-tempat umum lainnya? Atau mereka yang suka main hakim sendiri, menyelesaikan masalah dengan kekerasan? Atau orang-orang yang bebas bertindak seperti apa yang mereka maui? (mungkinkah preman berasal dari kata free man!). Mungkin banyak diantara kita yang sependapat bahwa mereka adalah preman. Tetapi siapa preman yang paling berbahaya dan (sekali lagi) paling berbuaahayyaa di negeri ini? Tak lain mereka adalah para koruptor itu !.

Sabtu, 25 Februari 2012

Berbagi Senyum

Anda mesti percaya, kalau senyum membawa berkah. Berkah tersebut tidak hanya dalam bentuk kesehatan, ketenangan dan keceriaan hati, tetapi juga membuat kita lebih tenang dalam menghadapi sesuatu, membuat kita lebih produktif dalam mengerjakan sesuatu, dan mempermudah kita dalam menyesuaikan diri dengan kesementaraan yang ada di sekitar kita.  Implikasinya dapat saja berupa urusan kita menjadi lebih gampang selesai, orang dengan senang hati mempermudah urusan kita, komunikasi lebih gampang saling memahami, dan tentu saja rejeki akan mengalir. 

Selasa, 21 Februari 2012

The Powers of Proper Words

Sering kita mendengar seseorang berbicara dengan runtut dan menggunakan kata-kata yang enak didengar. Pesan yang disampaikan begitu mudah masuk dalam pikiran kita, dan orang yang berbicara meninggalkan kesan yang begitu mendalam pada diri kita.  Tidak hanya itu, kata-kata yang tepat digunakan untuk mengungkapkan sesuatu mendorong kita untuk lebih positif memandang diri dan menggunakan pikiran kita.  Ringkas kata, kata-kata yang benar dan enak didengar meninggalkan pengaruh positif kepada siapa saja yang mendengarkannya dan juga membacanya, dan tentu saja cara pandang pendengar atau pembaca terhadap suatu autoritas.

Lalu mengapa masih banyak diantara kita yang menggunakan kata-kata yang tidak enak didengar? menggunakan kata-kata yang berprasangka?. Bisa saja memang karena kekurangmampuan dalam memilih kata-kata yang benar yang menjadi persoalan orang tersebut.  Tetapi sebenarnya memang ada tipe orang yang memang pilihan katanya selalu negatif, selalu berprasangka, dan selalu menyesakkan pendengarnya.  Dan yang lebih menyedihkan lagi adalah orang-orang yang dengan sengaja memilih dan menggunakan kata-kata yang kurang pantas dan menyakitkan pendengarnya.  

Senin, 06 Februari 2012

Dapatkan sesuatu dengan benar !

Sering tanpa sadar seseorang melakukan sesuatu hanya karena orang lain melakukannya, meski sangat bertentangan dengan nuraninya. Padahal ia tahu persis bahwa apa yang dilakukan orang lain tersebut belum tentu benar. Hanya karena tindakan tersebut dapat memberikan keuntungan dan nikmat sesaat, ia tega mengorbankan tata nilai luhur yang dimilikinya.  Orang nyerobot lampu lalu lintas, kita ikut nyerobot. Orang nyolong kecil-kecilan di kantor kita ikut juga. Kalau begini prilaku kita semua, tentu semua kita akan kehilangan jati dan harga diri.