Translate

Rabu, 31 Agustus 2011

Genuine Happiness Comes from Within

by Kim And Charles Petty

Life isn't the sweetest candy. Sometimes, when I feel like the world is just too heavy, I look around and find people who continued to live fascinating and wonderful lives. And then thoughts come popping into my mind like bubbles from nowhere - "How did their life become so adorably sweet? How come they still can manage to laugh and play around despite a busy stressful life?" Then I pause and observed for a while I figured out that maybe, they start to work on a place called 'self.'

So, how does one become genuinely happy? Step 1 is to love yourself.

Selasa, 30 Agustus 2011

Selamat iedul fitri 1432 H.

Ramadhan 1432 H telah berlalu, dan akan terus datang silih berganti di tahun depan, sampai akhir zaman. Namun, tidak halnya dengan kita. Tidak ada kepastian bahwa kita akan melewati ramadhan yang akan datang. Mudah-mudahan ramadhan yang baru saja kita lalui memberikan makna spiritual yang mendalam untuk perbaikan kualitas diri kita, kualitas masyarakat, dan kualitas bangsa ini. Kita semua tahu kalau ramadhan mengajarkan kita banyak hal. Mungkin kesabaran, kepatuhan, kedisiplinan dan soilideritas, serta kecenderungan untuk berbuat lebih baik dan di jalan yang benar hanya merupakan sebagian kecil dari pelajaran yang kita peroleh. Banyak hal lain yang sebenarnya diperoleh oleh kita-kita yang berpuasa, tidak hanya secara spiritual, tetapi juga secara nyata dalam tindakan dan prilaku. Lalu apa yang akan terjadi dengan diri kita setelah ramadhan? Akankah kita kembali melakukan hal-hal yang merupakan kebalikan dari apa yang telah kita lalui selama ramadhan ini?. Kita sendiri yang harus menjawabnya, karena ini memang tanggungjawab dan tantangan kita secara pribadi. Kalau kita kembali melakukan hal-hal yang tidak selaras dengan apa yang telah kita lakukan dan apa yang telah apa kita alami selama ramadhan yang lalu, tentu saja ramadhan yang kita lakukan hanya sebuah rutinitas yang tak punya makna perbaikan sama sekali terhadap kualitas diri kita.  Tak usah menuntut orang lain untuk berubah, mari kita rubah diri kita dan keluarga kita.  Kita semua adalah elemen penentu yang merekatkan kebajikan menjadi kemaslahatan bersama. Selamat Iedul Fitri pembaca, mudah-mudahan kita termasuk orang yang beruntung!

Jumat, 26 Agustus 2011

'Teh' Terfavorit Selama Ramadan

Hasil survey yang dilakukan oleh Lembaga Independen menyimpulkan bahwa 'Teh' yang paling disukai selama ramadan adalah : 0,33 % suka 'Teh Celup', 0,57 % suka 'Teh Poci', 1,25 % suka 'Teh Botol'. dan sisanya 97,85 % responden sangat menyukai 'Teh Ha Er'.


[sumber: sms nyasar :-)]

Mudik? apa yang dicari..?

Luar biasa? Mudik menjadi topik pembicaraan di semua media, cetak dan elektronik, siaran langsung, laporan langsung. Masih banyak lagi pembicaraan dan aktivitas seputar mudik yang tidak diliput oleh media.  Mudik, pulang kampung halaman, menemui orang tua, kerabat, silaturahim, unjuk keberhasilan, berbagi rasa, suka dan duka, macam-macam lagi yang berbau nostalgia.  Memang 'mudik' ini sudah 'disiapkan' dan 'diarahkan' pemerintah agar menjadi kenyataan. Mungkin dengan harapan akan terjadi perpindahan kapital antar pulau, atau perpindahan 'values', atau memang bagian dari upaya memperkokoh keutuhan NKRI.  Bayangkan betapa banyak persiapan yang dilakukan pemerintah. Rehabilitasi jalan (terutama yang di pulau Jawa, luar Jawa? emang mereka pikirin!), penertiban calo di stasiun dan berbagai himbauan lainnya seputar 'mudik'.

Kamis, 25 Agustus 2011

If Not Now, When?

by J. E. Burke

How many times have you made excuses for putting off something you really needed or wanted to do? Probably too many times to count. It is all too easy to get in the habit of putting the desires of your heart on hold. You may have been taught to put the needs of others first or that it is selfish to think of your own desires.
Mind you, there is times when it is appropriate and right to put the needs of others first, i.e., children, and others who have a right to depend on you.

Jumat, 19 Agustus 2011

Words of the Day

Orang dibilang pandai, dilihat dari jawabannya. Orang dibilang bijak, dipandang dari pertanyaannya (Maghfouz Naguib)

Banyak hal yang penting di dunia ini dicapai oleh orang-orang yang terus berusaha, meskipun tampaknya tidak ada harapan (Dale Carnegie)

Berdoalah agar keberhasilan tidak datang lebih cepat dari yang dapat anda tanggung  (Elbert Hubbard)

Sebagian orang sukses karena pengetahuan mereka, sebagian lagi karena apa yang mereka lakukan, dan sebagian kecil lainnya karena siapa mereka (Elbert Hubbard)

Jangan takut mengambil langkah besar, sebab anda tidak dapat melompati jurang hanya dengan langkah langkah kecil (David Lyoyd George)

Sumber : Intisari. No 536. Maret 2008.

Selasa, 16 Agustus 2011

Mari Bersyukur !

Wow, cukup fantantis, 66 tahun Indonesia Merdeka! Sebagai warga Indonesia, banyak yang dapat kita syukuri. Banyak diantara kita yang dapat mengungkapkan kata-kata ini dengan bijak, tetapi tidak mampu menunjukkan ekspresi syukur dalam keseharian kita.  Mensyukuri sesuatu juga perlu belajar, karena masih banyak diantara kita tidak tahu persis bagaimana bersyukur. Sikap bersyukur adalah sikap  menerima dan menghargai kondisi yang dimiliki dengan tetap melakukan upaya perbaikan ke arah yang lebih baik.    Bersikap demikian membuat hidup lebih sehat, lebih enjoyable.  Bersyukur atas sesuatu bukan berarti hilang rasa ingin maju untuk memperbaiki diri, tetapi dengan bersysukur  justru seseorang akan menjadi lebih punya peluang untuk melihat bagaimana continous improvement dapat dilakukan.  Bersyukur juga tidak berarti kita menerima ketidakadilan yang terjadi di sekitar kita.  Tidak juga berarti meninggalkan persoalan-persoalan kehidupan di sekitar kita. Jangan anggap kepedihan dan ketimpangan hidup menjadi  halangan untuk  menjadi bahagia.  Bahagia adalah persoalan cara berfikir, persoalan bagaimana mempersepsikan sesuatu.  


Jangan nodai kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus

Musim Pengenalan Kehidupan Kampus (PKK) di semua perguruan tinggi di Indonesia yang baru saja dimulai semestinya merupakan waktu bagi mahasiswa baru untuk mengenal budaya dan karakteristik perguruan tinggi baru mereka.  Program yang ditawarkan haruslah bersifat edukatif dan mencerahkan dan mampu menambah rasa percaya diri pendatang baru di kampus.  Setelah ikut PKK, semangat dan rasa percaya diri untuk sukses kuliah harus bertambah pada diri seorang mahasiswa baru.  Mereka tahu sistem dan cara belajar, mereka tahu bagaimana memanfaatkan hak-hak mereka, mereka tahu bagaimana menyelesaikan persoalan mereka. 

Senin, 08 Agustus 2011

Do What's Important First, No Matter What



Often times, we are overloaded with little tasks everyday. Little bits of work can often overwhelm us and fill up or day. Usually we start by knowing the most important task we need to do for the day. And we have every intention of completing this work. But then the little tasks come in and by the time we feel that we've accomplished all those little tasks, we already feel burned out and we no longer find time, energy and room to finish the big important task. To be able to accomplish the things that we need to do first, we have to prioritize them no matter what.

Rabu, 03 Agustus 2011

Marhaban yaa ramadhan !

Ramadhan membawa berkah. Hal itu sudah dijanjikan sepenuhnya oleh Yang Maha Kuasa, Allah SWT. Setiap muslim tahu hal tersebut. Keunggulan kelebihan bulan ini dibandingkan dengan bulan-bulan lainya dalam satu tahun sudah terjamin penuh oleh Yang Maha Kuasa.  Lalu mengapa masih banyak kita yang tidak memanfaatkan kesempatan ini? Kesempatan untuk melipatgandakan amal shaleh kita.  Kenapa masih banyak kita yang masih terus menjalani kekurangan kita, tanpa mau bergerak untuk merubah dan memperbaiki kekurangan kita?.